Rabu, 26 Juni 2019

Media Pembuatan Aplikasi Media

Untuk membuat suatu aplikasi multimedia kita membutuhkan dua buah komponen penting yaitu: perangkat keras (Hardware), dan perangkat lunak (Software) yang siap dituangkan kedalam multimedia. Tetapi untuk membuat multimedia yang baik dituntut untuk mempunyai bakat dan keahlian juga suatu tim yang dapat mengorganisasikan kegiatan pembuatan multimedia. Aplikasi multimedia tidak dapat dikerjakan satu orang, untuk itu dibutuhkan suatu tim untuk membuat multimedia seperti seniman grafis, penyunting video, penyunting suara, pembuat animasi dan programmer.
MEDIA PEMBUATAN MULTIMEDIA
     HARDWARE                      SOFWARE

I.          Hardware
Hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengann kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata. Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.
I.1.       Fungsi Hardware
Menerima Input
Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.
Mengolah Data/ Informasi
Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.
Memberikan Output
Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.
Menyimpan Data/ Informasi
Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.
I.2.       Jenis-jenis Hardware
Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Adapun beberapa contoh hardware input device :
*          Keyboard; perangkat ini berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer. Bentuknya seperti papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.
*          Mouse; perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.
*          Scanner; hardware ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.
Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor. Adapun beberapa contoh hardware proses device :
*          CPU; ini adalah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja pada komputer, mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.
*          VGA; merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
*          RAM; Random Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat menentukan kecepatan akses komputer.
Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Adapun beberapa contoh hardware output device :
*          Monitor; mengacu dari pengertian hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus etak segala macam dokumen yang dibutuhkan.dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.
*          Printer; seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk menc
*          Proyektor LCD; proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.
Perangkat Penyimpanan
Perangkat penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer. Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal. Adapun beberapa contoh hardware penyimpanan device :
*          Harddisk; berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Selain di dalam komputer, harddisk saat ini ada juga yang bentuknya portable, atau sering disebut dengan harddisk eksternal.
*          Flashdisk; berfungsi sebagai alat menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Biasanya Flashdisk digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
*          Optical Disk; media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).
Perangkat Tambahan (Periferal)
Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet. Adapun beberapa contoh hardware tambahan device :
*          Modem; ini adalah hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.

II.        Sofware
Software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah. Ada juga yang menyebutkan pengertian software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.
Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user. Contoh dari software yakni :
*          Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.
*          Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya.
II.1      Fungsi Sofware
Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan.       Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware    yang ada pada komputer.
Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software l         ainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah            komputer.
II.1.1   Software Berdasarkan Jenisnya
*          Operating System (sistem operasi), yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk     mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa              contoh operating sistem adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS.
*          Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang         berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang         dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application     program). Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
*          Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki     fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain   sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word,    Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.
II.12    Software Berdasarkan Distribusinya
*          Freeware, yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis   tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang        lengkap dan tidak maksimal.
*          Adware, yaitu software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun   dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.
*          Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala    aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan,   misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
*          OpenSource, yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah,             ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara         gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public   License).
*          Shareware, yaitu piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara       gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk        waktu terbatas (misalnya 30 hari).
III.       Macam-macam Sofware
*          Microsoft Windows, yaitu sistem operasi komputer yang berbasis                                command-line.
*          Microsoft Office Word, yaitu piranti lunak yang berfungsi untuk membuat                dan mengedit sebuah dokumen.
*          Microsoft Office PowerPoint, yaitu software untuk membuat presentasi,                    video, dan lain- lain.
*          Google Chrome, yaitu software yang berfungsi sebagai internet browser.
*          Photoshop, yaitu software untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
*          VCL Media Player, yaitu software pemutar video.
*          FastStone Image Viewer, yaitu software untuk membuka dan mengedit file              gambar di dalam komputer.


Refrensi           :
http://www.habibullahurl.com/2015/07/pengertian-hardware-software-dan- brainware.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar