Rabu, 26 Juni 2019

Hostpot, Wifi, ADSL, SDSL


PENGERTIAN Hotspot. WIFI. ADSL. SDSL
Hotspot

Konsep hotspot pertama kali diusulkan oleh Henrik Sjödin saat konferensi NETWORLD + Interop di Moscone Center di San Francisco pada bulan Agustus 1993. Namun pada waktu itu, Sjödin tidak menggunakan istilah “hotspot” tetapi disebut wireless local area networks (wireless LANs) yang dapat diakses oleh publik.
Perusahaan komersial pertama yang mencoba membuat public local area access network adalah sebuah perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas yang juga dikenal sebagai PLANCOM (Public Local Area Network Communications).
Para pendiri perusahaan, Mark Goode, Greg Jackson, dan Brett Stewart membubarkan perusahaan pada tahun 1998, sedangkan Goode dan Jackson menciptakan MobileStar Networks.
Perusahaan tersebut merupakan salah satu yang pertama dalam menandatangani lokasi-lokasi akses publik seperti Starbucks, American Airlines, dan Hilton Hotel.
Perusahaan ini kemudian dijual ke Deutsche Telecom pada tahun 2001, dan namanya diubah menjadi “T-Mobile Hotspot”. Saat itulah istilah “hotspot” menjadi populer sebagai acuan untuk lokasi di mana Wireless LAN tersedia untuk diakses oleh publik, agar terhubung ke internet.
Jenis Hotspot
Ada beberapa jenis Hotspot di area-area tertentu yang biasa anda gunakan, yaitu:
1. Free Hotspot
Ini merupakan jenis hotspot dimana publik dapat mengakses jaringan dengan bebas. Fasilitas free hotspot biasanya disediakan sebagai fasilitas tambahan untuk pelanggan hotel, Cafe dan usaha-usaha lainnya. Free hotspot juga kadang dipasang semi permanen di acara pameren komputer atau konferensi/seminar komputer.
Pada kasus ini, admin sebagai orang yang mengontrol jaringan menonaktifkan persyaratan otentikasi (authentication requirements) dan membuka koneksi jaringan sehingga siapapun bisa mengakses jaringan tersebut.
2. Hotspot Berbayar
Untuk menggunakan Hotspot Berbayar, Anda harus membayar sewa hotspot langsung ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran, atau kedai kopi.
Tidak semua Hotel, Cafe atau perusahaan mampu memberikan layanan internet secara gratis. Karena itulah, mereka biasanya mengambil kebijakan untuk menyediakan layanan hotspot berbayar kepada pengguna untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP).
3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot
Jenis Hotspot berbayar ini seperti Boingo, iPASS Operator WiFi HotSpot ini merupakan jaringan internasional yang memiliki banyak pengguna mobile secara internasional. Jenis HotSpot ini biasanya sangat diminati oleh orang-orang yang sering bepergian jauh bahkan ke luar negeri seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis di luar negeri.
Tentunya sebuah Hotspot dapat merupakan gabungan dari beberapa jenis Hotspot menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu jenis saja. Jadi bisa saja, HotSpot berbayar ke pemilik gedung dan berbayar ke operator WiFi Hotspot di operasikan pada sebuah Hotspot, jadi bagi pengguna biasa yang tidak berlangganan ke iPass dapat tetap menggunakan dengan membayar biayanya ke pemilik gedung.
Wifi
Wireless Fidelity atau Wifi adalah sebuah teknologi jaringan tanpa kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer. Wifi sendiri merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi yang mengacu pada sistem jaringan berstandart IEEE – 802.11. Prinsip kerja jaringan Wifi bisa dibilang sama dengan prinsip kerja jaringan seluler yaitu menggunakan gelombang radio untuk melakukan komunikasi antar perangkat. Perangkat – perangkat yang dimaksut antara lain komputer pribadi, smartphone, pemutar audio digital, konsol permainan video dan lain sebagainya.
Pada tahun 1985 merupakan awal ditemukan teknologi ini, dengan dibuatnya sebuah pita GSM yang pemakaiannya tidak memerlukan lisensi, dan pada tahun 1991 ditemukanlah pendahulu teknologi 802.11 dengan nama WaveLan. Istilah Wifi pertama kali dicetuskan pada tahun 1999 oleh Wi-Fi Alliance, sebuah organisasi non profit yang mencetuskan teknologi Wifi dan sertifikat Wifi dan pada tahun 2010 tercatat ada 375 perusahaan yang terdaftar menjadi anggota organisasi ini.
Kelebihan jaringan komputer yang menggunakan teknologi Wifi adalah lebih simpel, sobat komputer tidak perlu repot untuk instalasi kabel jaringan untuk menghubungkan perangkat – perangkat komputer. Selain itu proses pengiriman data juga lebih cepat asalkan perangkat yang terhubung masih dalam jangkauan signal Wifi. Akan tetapi ada kelemahan dari teknologi ini yaitu sering dibobol oleh orang lain.
Fungsi Wifi
a. Penghubung Perangkat Komputer Dalam Jaringan
Fungsi Wifi yang satu ini merupakan yang utama, dengan menggunakan wifi sobat dapat dengan mudah untuk menghubungkan komputer, smartphone serta perangkat mobile lainnya dengan sistem jaringan. Dengan menggunakan jaringan Wifi, sobat komputer dapat dengan mudah menambah dan mengurangi perangkat – perangkat yang akan dihubungkan kedalam jaringan.
b. Sharing Data Dan Internet
Fungsi jaringan Wifi yang satu ini cukup membantu sobat komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Sobat dapat bertukar data dan berbagi akses internet dengan cukup mudah tanpa menggunakan kabel data.
c. Membuat Modem Dari Smartphone
Untuk dapat mengakses internet sobat komputer pasti membutuhkan perangkat jaringan yang disebut dengan modem baik itu modem ADSL atau modem portable. Akan tetapi bagaimana kalau sobat komputer tidak mempunyainya dan hanya mempunyai perangkat smartphone. Dengan teknologi Wifi yang ada di smartphone, sobat dapat menjadikan smartphone sebagai modem dan membagikan akses internet ke perangkat laptop atau smartphone yang lain dengan cukup mudah.
d. Akses Internet Lebih Stabil
Fungsi Wifi yang satu ini merupakan dambaan kita semua, dengan menggunakan Wifi kita dapat menikmati akses internet lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler. Asalkan masih dalam jangkauan signal Wifi.
Itulah ulasan mengenai pengertian Wifi dan apa saja fungsi Wifi dalam kehidupan sehari – hari, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer sekalian. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer dan internet berikutnya.
ADSL
ADSL ialah sebuah singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yakni ialah sebuah bentuk teknologi kepada komunikasi data yang bisa mentransmisikan data secara cepat yang tingginya melalui sebuah kabel tembaga telepon dan juga mempunyai sifat asimetrik, dan maksud dari sifat asimetrik ialah bahwa sebuah data ditransferkan dengan kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.
Teknologi ADSL bisa untuk mengirimkan data dengan kecepatan yang tinggi, diantara 1.5 Mbps hingga 8 Mbps untuk sebuah arah dari sentral kelapangan atau juga disebut dengan Downstream dan juga 16 Kbps hingga 640 Kbps untuk sebuah arah pelanggan ke sentral atau juga disebut dengan Upstream. Dengan ADSL ini sehingga bisa mengirimkan sebuah layanan interaktif multimedia  dengan menggunakan sebuah jaringan akses kabel tembaga.
Modem ADSL ialah sebuah perangkat yang juga digunakan untuk menghubungkan komputer atau juga router ke saluran telepon sehingga bisa mentransfer data ataupun mengakses internet. Pada ADSL mempunyai berbagai macam dari jenis kecepatan , USB atau Universal Serial Bus), router dan juga perangkat-perangkat yang lain yang terdapat juga di dalamnya. Seperti misalkan ada yang bisa digunakan untuk dua komputer dengan menggunakan USB dan juga ada bisa digunakan hingga empat komputer bahkan juga lebih dengan menggunakan Ethernet LAN.
Kelebihan ADSL
Baru saja diberikan penjelasan dari pengertian ADSL, dan untuk pembahasan yang selanjutnya ialah kelebihan yang dimiliki oleh ADSL. Apa saja kelebihan itu? Langsung saja kita lanjutkan pembahasan berikut ini.
Mempunyai pembagian frekwensi yang menjadi dua macam diantaranya ialah frekwensi tinggi untuk menghantarkan data dan juga frekwensi rendah untuk menghantarkan suara atau juga fax.
Di indonesia bagi pelanggan yang menggunakan speedy, maka ADSL membuat sebuah kegiatan ber-internet menjadi lebih hemat. Sehingga bisa untuk melakukan akses internet tanpa menghawatirkan tagihan yang sangat mahal.
Layanan komunikasi diantara data dan juga suara yang diberikan melalui dua kanal yang memang terpisah meski begitu tetap pada satu kabel yang sama.
Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet pada setiap saat danjuga telepon tetap bisa digunakan kapan saja.
Serta kecepatan internet yang selalu stabil.
Kekurangan ADSL
Selain dari kelebihan tentu saja terdapat kekurangan pada ADSL, kita sudah membahas kelebihannya dan kali ini kita akan membahas mengenai kekurangannya yang akan dijelaskan berikut ini.
Jarak bisa berpengaruh terhadap kecepatan pengiriman data. Dan semakin jauh jarak antara modem dengan komputer atau juga saluran telepon dengan gardu telepon maka akan bisa berpengaruh terhadap kecepatan di dalam mengakses internet.
Adanya sebuah coils yang digunakan yang juga digunakan untuk memberikan layanan ke plosok-plosok daerah, yang kemudian load coils akan dapat menggeser frekwensi suara ke frekwensi yang biasanya digunakan oleh ADSL. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya sebuah interfensi atau juga ketidak cocokan jalur pada ADSL.
Kecepatan dari koneksi modem ADSL hingga pada saat ini masih sangat tergantung dengan tiang telepon atau juga DSLAM dan juga tidak semua sistem operasi komputer bisa menggunakan ADSL.
Adanya bridge tap ialah sebuah kabel yang tidak berada pada jalur langsung diantara pelanggan dengan CO. Maka dari itu bridge tap bisa menimbulkan noise yang nantinya bisa mengganggu dari kenerja ADSL.
Dikarenakan dengan seiring berkembangnya jaman pengguna kabel fiber optik pada sebuah saluran telepon yang saat ini sudah mulai digunakan. Dan hal ini tidak sesuai dengan sebuah keadaan dari sistem teknologi ADSL yang masih menggunakan sebuah saluran analog (kabel tembaga), dan sehingga pada saat ini masih sangat sulit untuk mengirimkan sebuah sinyal dengan melalui kabel fiber optik.
SDSL
SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line) adalah layanan akses internet kecepatan tinggi dengan pencocokan upstream dan downstream kecepatan data. Artinya data dapat dikirim ke internet dari mesin klien atau diterima dari internet dengan ketersediaan bandwidth yang sama di kedua arah. Dari fitur ini kita bisa tahu bahwa layanan ini sangat baik dari segi kecepatan.
CARA KERJA SDSL
Layanan DSL adalah asimetris (ADSL), dengan sebagian besar bandwidth yang disediakan untuk menerima data, tidak mengirimnya. Layanan SDSL biasanya digunakan oleh perusahaan dengan kehadiran kebutuhan Web, VPN, extranet atau internet. Dalam kasus ini client server mungkin diperlukan untuk meng-upload sejumlah besar data ke internet secara teratur.
ADSL akan lambat dan tidak memadai untuk tujuan ini, karena bandwidth yang tersedia untuk upload biasanya kurang dari 1 megabit per detik (mbps). Bandwidth yang SDSL bisa setinggi 7 mbps di kedua arah.
KELEBIHAN SDSL
1.      Bandwidth yang disalurkan simetrik dalam arti kecepatan upload dan download sama sesuai paket layanan yang pelanggan pilih sebelumnya.
2.      Delay rendah.
3.      Tidak bergantung dan tidak mengganggu pada saluran telepon yang ada.
Kekurangan SDSL
1.      Jika tidak menggunakan sistem anti petir (grounding) yang baik maka akan boros modem (terkena     petir terus).
2.      Kabel diputus orang lain.
3.      Modemnya lebih mahal dari modem ADSL.
4.      Hanya dapat digunakan pada saluran sepanjang 10 kft.

Refrensi  :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar