I. Devinisi
Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
atau secara umum merupakan kombinasitiga elemen yaitu suara, gambar, dan teks
atau kombinasi dari yang sedikit dua media inputatau outputdari data yang
berupa audio (suara dan musik). Istilah multimedia berawal dari teater,
bukankomputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali
disebut pertunjukanmultimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an
dengan diperkenalkannya Hypercard olehApplepada tahun 1987 dan pengumuman oleh
IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak AudioVisual Connection (AVC) dan
video adhapter card ps/2. Multi-banyak, Media-sarana berkomunikasi untuk
melewatkan informasi.Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat
lunak dan alat – alat lain seperti televisi,monitor video dan sistem piringan
optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkanpenyajian audio
visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai
berikut :
Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen
yaitu suara, gambar dan teks
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2
media input atau output dari data, media inidapat audio (suara, musik),
animasi, video, teks, grafik, dan gambar
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan
prestasi yang dinamis dan intraktif yangmengkombinasikan teks grafik, animasi,
audio dan gambar video
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik,audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link dan tool yangmemungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
II. Tujuan Multimedia
Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi
pemakai
Merangsang panca indra karena bersifat visualisasi
Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi
pemakai pemula
III. Komponen
Multimedia
– Bidang yang mengintegrasikan :
III.1 Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan
dan dikendalikan adalah teks. Teks dapatmembentuk kata, surat atau narasi dalam
multimedia yang menyajikan bahasa.
III.2 Grafik
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi
atau publikasi multimedia adalah karenalebih menarik perhatian dan dapat
mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapatmeringkas menyajikan
data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
III.3 Video
Video merupakan sekumpulan gambar mati atau tidak
bergerak yang dibaca secara berurutan sehingga bias kelihatan seperti berjalan,
kualitas video diukur dari FPS atau frame per second, dimana 60fps itu berarti
ada pembacaan 60 gambar dalam 1 sec, Semakin besar ukuran fps suatu video
semakin bagus dan halus video itu bergerak
Adapun format video adalah sebagai berikut :
Analog => NTSC dan PAL
Digital => Mpg, Mp4, Mkv, Avi, WMV dll
III.4 Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan
komputer untuk menciptakan gerak padalayer.
III.5 Audio
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia,
bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkandalam multimedia melalui suara, musik
dan efek-efek suara.
Teknologi multimedia erat kaitannya dengan komputer,
karena pada hakekatnya teknologi ini merupakan pendukung agar sebuah komputer
dapat berkomunikasi. Komunikasi elektronik yang dikombinasikan dengan proses
pengembangan dengan menempatkan suatu pembelajaran dalam fasilitas suatu format
yang pengintegrasiannya ke dalam penstrukturan konten.
Multimedia dimana pengguna/pemakai dapat
berinteraksi dengan komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan
interactive multimedia, Contoh : website, dst. Multimedia menggunakan komputer
untuk menyajikan gabungan text, gambar, video, dan audio.
Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi
dengan multimedia tersebut
Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki
struktur dari elemen terhubung
Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi
multimedia
Multimedia Project : Pesan-pesan yang
dipresentasikan oleh komputer atau televise
Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke
masyarakat
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar