Rabu, 26 Juni 2019

Konsep Dasar multmedia


I.          Devinisi
Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video atau secara umum merupakan kombinasitiga elemen yaitu suara, gambar, dan teks atau kombinasi dari yang sedikit dua media inputatau outputdari data yang berupa audio (suara dan musik). Istilah multimedia berawal dari teater, bukankomputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukanmultimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard olehApplepada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak AudioVisual Connection (AVC) dan video adhapter card ps/2. Multi-banyak, Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi,monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkanpenyajian audio visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen yaitu suara, gambar dan teks
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media inidapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yangmengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yangmemungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
II.        Tujuan Multimedia
Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi pemakai
Merangsang panca indra karena bersifat visualisasi
Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai pemula
III.       Komponen Multimedia
– Bidang yang mengintegrasikan :
III.1     Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapatmembentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.
III.2     Grafik
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karenalebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapatmeringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
III.3     Video
Video merupakan sekumpulan gambar mati atau tidak bergerak yang dibaca secara berurutan sehingga bias kelihatan seperti berjalan, kualitas video diukur dari FPS atau frame per second, dimana 60fps itu berarti ada pembacaan 60 gambar dalam 1 sec, Semakin besar ukuran fps suatu video semakin bagus dan halus video itu bergerak
Adapun format video adalah sebagai berikut :
Analog => NTSC dan PAL
Digital => Mpg, Mp4, Mkv, Avi, WMV dll
III.4     Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak padalayer.
III.5     Audio
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkandalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.
Teknologi multimedia erat kaitannya dengan komputer, karena pada hakekatnya teknologi ini merupakan pendukung agar sebuah komputer dapat berkomunikasi. Komunikasi elektronik yang dikombinasikan dengan proses pengembangan dengan menempatkan suatu pembelajaran dalam fasilitas suatu format yang pengintegrasiannya ke dalam penstrukturan konten.
Multimedia dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia, Contoh : website, dst. Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan gabungan text, gambar, video, dan audio.
Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut
Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung
Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia
Multimedia Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televise
Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat

Refrensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar